Biologi

Terakreditasi C

WEB PRODI BIOLOGI

ID:
(BI)

Categories

Jurusan Sains

Program Studi Biologi ITERA berkonsentrasi pada eksplorasi keanekaragaman hayati di Pulau Sumatera. Keberadaan Program Studi Biologi ITERA diharapkan mampu menjadi pusat pembelajaran biodiversitas Sumatera. Program studi Biologi diarahakan untuk memenuhi kebutuhan pulau Sumatera dalam hal ini terkait dengan bagaiamana mengeksplorasi, memanfaatkan dan mengkonservasi biodiversitas Sumatera (produksi biomassa, perlindungan Sumber Daya Alam dan wisata).

Program Studi Biologi ITERA sebagai institusi pendidikan tinggi bertujuan menghasilkan sarjana biologi yang berkualitas dengan bekal pengetahuan biologi modern terutama pada peran pentingnya dalam eksplorasi biodiversitas alam Sumatera dengan biosains sebagai fokus keilmuannya sehingga dapat menunjang pengembangan bioteknologi yang melibatkan bidang keahlian seperti biosistematika, evolusi, biologi sel dan molekuler, biologi mikrobia, dan biologi lingkungan.

Program Studi Biologi memiliki wadah Konsorsium Biologi (KOBI) untuk peningkatan kualitas program studi tingkat nasional yang diuji kelayakannya dalam sistem akreditasi BAN-PT. Sedangkan tingkat internasional, Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Science and Mathematics (ASIIN), Sistem akreditasi yang menjadi rujukan sistem akreditasi. Secara umum, capaian pembelajaran (learning outcome) dari semua program studi sejalan dengan capaian pembelajaran program studi ilmu pengetahuan alam yang ditetapkan oleh ASIIN.

Kompetensi Program Studi:

Program Studi (PS) Biologi dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman mengenai Biologi Modern ditunjang dengan konsentrasi pada pengembangan biodiversitas mencakup biosistematika, ekologi, biokonservasi, dan bioteknologi, sehingga lulusan mampu mengaplikasikannya dalam memahami atau memecahkan masalah yang berkembang di masyarakat. Selain itu, lulusan diarahkan untuk memiliki kemampuan dalam mengikuti perkembangan ilmu serta life skill yang memadai. Dengan memiliki kompetensi yang baik, lulusan mampu berkompetisi dan mengisi peluang kerja di bidang biologi sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan dan pengelolaan potensi keanekaragaman hayati secara berkelanjutan khususnya di Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *