Matematika

Terakreditasi C

WEB PRODI MATEMATIKA

ID:
(MA)

Categories

Jurusan Sains

Program Studi Matematika (PS MA) merupakan salah satu program studi yang berada dibawah naungan Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (ITERA). PS MA didirikan pada tanggal 23 September 2016 berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 427/KPT/I/2016. Pada tahun 2017, PS MA menerima mahasiswa angkatan pertama yang berjumlah 94 mahasiswa dengan melalui jalur masuk SBMPTN, SNMPTN, dan Mandiri.

PS MA ITERA berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, PS MA ITERA memiliki beberapa Dosen tetap dan Dosen Luar Biasa dari kampus terkemuka seperti ITB dan UNILA serta didukung dengan sarana dan prasarana seperti, Ruang Kuliah, Ruang Diskusi, Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Wifii Corner, Kantin, Masjid, dan Lapangan Olahraga.

PS MA ITERA memiliki 4 (empat) bidang keahlian, yaitu: Analisis, Aljabar, Statistika, dan Matematika Terapan (Komputasi, Keuangan, Fisika Matematika, Biologi Matematika, Optimasi dan Kontrol, Kombinatorik). Sehingga lulusan PS MA ITERA diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Sumatera dan sekitarnya pada bidang Matematika dan Terapannya.

Kompetensi Program Studi:

(1.) Kemampuan menerapkan kerangka berpikir matematis khususnya bidang analisis, aljabar, pemodelan, optimasi sistem dan ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata terutama dalam bidang lingkungan, kelautan, energi, dan teknologi informasi. (2.) Kemampuan beradaptasi terhadap berbagai situasi yang dihadapi. (3.) Kemampuan menciptakan lapangan kerja sesuai bidang keahliannya. (4.) Kemampuan menguasai konsep dasar matematika meliputi konsep konstruksi pembuktian secara logis/analitis, memodelkan dan menyelesaikan masalah-masalah sederhana, serta dasar-dasar komputasi. (5.) Kemampuan menguasai konsep teoritis tentang salah satu bidang matematika yaitu analisis, aljabar, pemodelan, optimasi sistem dan ilmu komputer serta menerapkannya dalam menganalisis, merancang, dan mengevaluasi penyelesaian masalah.(6.) Kemampuan mengumpulkan data dan informasi dengan benar, menganalisis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan yang tepat dengan berbekal wawasan pembangunan berkelanjutan yang mencakup aspek energi, lingkungan, kelautan, dan kesehatan serta mengedepankan kepedulian sosial. (7.) Kemampuan memberikan alternatif solusi berbekal sikap kepemimpinan, kreatifitas serta mempunyai integritas yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan secara mandiri maupun dalam suatu tim. (8.) Kemampuan mengkomunikasikan ide dan pengetahuan yang dimiliki dalam bidang matematika dan bidang lainnya kepada masyarakat dalam organisasi profesi yang sejenis maupun masyarakat umum. (9.) Kemampuan bekerja mandiri dan kelompok. (10.) Moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. (11.) Kecendrungan untuk senantiasa melakukan inovasi. (12.) Kecintaan akan ilmunya, serta menghargai dan ingin mengenal ilmu lain. Kemampuan pemecahan masalah matematika dan menggunakannya untuk membantu memecahkan masalah di luar bidang matematika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *