Dr. Ikah Dosen Prodi Fisika Berikan Materi Terkait Longsor di Webinar Purino ITERA

Dr. Ikah Dosen Prodi Fisika Berikan Materi Terkait Longsor di Webinar Purino ITERA

Berita – Pusat Riset dan Inovasi (Purino) Prediksi dan Permodelan Risiko Bahaya dan Bencana ITERA adakan webinar series bertajuk Permodelan dan Prediksi Longsor sebagai Bahan Pengambilan Keputusan dan Mitigasi Kebencanaan, Jumat (6/8). Dalam kegiatan tersebut Dr. Ikah N. P. Permanasari, S.Si., M.Si., Dosen Program Studi (Prodi) Fisika, sekaligus Sekretaris Jurusan Sains diundang jadi pembicara.

Acara yang diadakan secara dalam jaringan (daring) tersebut diikuti oleh 226 peserta dari berbagai instansi (siswa SMA, ITB, UNDAND, BAPETEN, mahasiswa ITERA, dll). Selain mengundang Dr. Ikah selaku pembicara 1, Purino Prediksi dan Permodelan Risiko Bahaya dan Bencana ITERA juga mengundang Aminudin Hamzah, S.T., M.Si. dari Dit. Mitigasi Bencana, BNPB.

Dalam pemaparan materinya Dr. Ikah menyampaikan terkait pemodelan, analisa dan prediksi longsor dengan berbagai metode geofisika dengan studi kasus di lereng-lereng yang berada di sepanjang jalan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Yaitu jalan/akses menuju kawasan wisata pantai yang ada di Pesawaran.

“Kajian mengenai longsor ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pihak terkait guna membuat kebijakan dalam mitigasi bencana longsor. Penelitian longsor ini menjadi penting dikarenakan pada daerah kajian merupakan satu-satunya akses menuju destinasi wisata di Provinsi Lampung yang mana apabila terjadi longsor pada daerah tersebut maka akses menuju daerah wisata pantai akan terputus begitu juga akses warga menuju Bandar Lampung,” jelas Dr. Ikah.

Sementara itu Aminudin Hamzah, S.T., M.Si. di kesempatan pemaparan materi keduanya menerangkan terkait strategi mitigasi bencana di Indonesia. Webinar kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh beberapa peserta. Webinar yang dimoderatori oleh Alvin Pratama, S.Si., M.T. Dosen Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA tersebut kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh beberapa peserta. (Adit/JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *