Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Jurusan Sains Produktif Menulis Buku

Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Jurusan Sains Produktif Menulis Buku

Berita – Sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, di bidang pengajaran dan penelitian dosen Jurusan Sains Itera aktif menulis buku. Buku-buku tersebut diperuntukan untuk bahan ajar maupun untuk bahan bacaan masyarakat umum.

Buku dari Dosen Prodi Fisika

Beberapa dosen yang baru saja selesai menerbitkan bukunya yaitu di antaranya Ikah Ning P. Permanasari, Vico Luthfi Ipmawan, dan Rahmat Nawi Siregar yang menerbitkan buku berjudul “Fisika Bencana Alam: Tinjauan dari Aspek Fisis”. Buku ini berisikan tentang kajian bencana-bencana alam yang sering terjadi di Indonesia yang dibahas dari sisi ilmu Fisika.

Buku ini tergolong buku referensi yang juga didalamnya terdapat juga hasil penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh kelompok keahlian Fisika Bumi selama kurun waktu 2017-2021. Buku yang telah memiliki ISBN 9-786239-824020 ini diharapkan juga dapat menjadi bacaan bagi para mahasiswa fisika, khusunya fisika ITERA.

“Kami mencoba melengkapi buku-buku tentang fisika yang telah ada, dengan membahas hal lebih spesifik yaitu tentang bencana alam”, ungkap Vico L. Ipmawan salah satu penulis.

Buku dari Dosen Prodi Biologi

Di sisi lain, seorang dosen Prodi Biologi yaitu Muhammad Asril juga kerap aktif ikut terlibat dalam penulisan buku. Meski saat ini Muhammad Asril sedang melaksanakan tugas belajar (tubel) pendidikan S3-nya, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap produktif dalam menulis.

Muhammad Asril tergabung dalam tim penulis dari berbagai Instansi di Indonesia yang bernaung di bawah group “Kita Menulis Pertanian”. Dua buku yang telah diterbitkan yaitu berjudul “Buku Penyakit Tanaman dan Pengendaliannya” dan “Buku Teknologi Produksi Benih”.

Buku Penyakit Tanaman dan Pengendaliannya adalah buku yang membahas tentang penyakit yang terdapat pada tanaman pangan, sayuran dan perkebunan dan pengendaliannya. Adanya pengetahuan tentang ini diperlukan karena penyakit tanaman merupakan faktor pembatas dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Harapannya, buku ini tidak hanya digunakan di lingkungan akademisi, tetapi juga bagi praktisi pertanian.

Sementara itu Buku Teknologi Produksi Benih ditujukan bagi mahasiswa, dosen dan peneliti yang ingin mempelajari tentang kajian ilmu dan teknologi benih mulai konsep dasar hingga produksi benih. (Adit/JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *