Jurusan Sains Gelar Stadium Generale Bertajuk Data-Driven Decision Making in Insurance for a Better Life

Jurusan Sains Gelar Stadium Generale Bertajuk Data-Driven Decision Making in Insurance for a Better Life

Berita – Jurusan Sains bekerjasama dengan Prodi Matematika dan Program Studi (prodi) Sains Aktuaria, Prodi Sains Data adakan Stadium Generale dengan tema “Data-Driven Decision Making in Insurance for a Better Life” , Senin (26/7).

Acara yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting tersebut dihadiri sekitar 250 peserta yang berasal dari mahasiswa, dosen dan praktisi. Adapun pemateri yang diundang untuk mengisi acara ini yaitu Dwi Widianto dari Data Science and Performance Management Head, Generali Life Insurance Indonesia dan dimoderatori oleh Kinanti Hanugera Gusti, M.Stat. (Dosen Sains Data ITERA).

Ketua Jurusan Sains, Prof, Dr. L. Hari Wiryanto, M.S. dalam pembukannya menyambut baik dengan adanya stadium generale yang membahas terkait life insurance. Prof Leo menilai di masa pandemi saat ini life insurance (asuransi jiwa) menjadi aspek yang sangat penting untuk memproteksi diri.

“Di era pandemi, Life Insurance merupakan salah satu aspek yang akan terdampak. Dampak dari sisi nilai klaim maupun besar klaim. Fenomena seperti contoh tersebut dapat diamati berdasarkan data-data yang terus berkembang. Harapannya dari kegiaan tersebut adalah terdapat sinergi yang baik antara pihak akademisi dengan pihak praktisi,” kata Prof. Leo.

Sedangkan, Dwi Widianto dalam pemaparan materinya menyampaikan terkait pentingnya pengolahan data mentah, iya menyebutkan data akan lebih bermakna jika dapat diekstrak informasinya.

Stakeholder membutuhkan informasi yag telah diolah maupun dianalisis dari data yang diperoleh,” jelasnya.

Lanjutnya, Dwi Widianto juga berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti stadium generale terkait bekal apa saja yang akan dibutuhkan saat terjun ke dunia industri.

“Beberapa ilmu yang telah diperoleh di lingkungan kampus akan sangat bermanfaat untuk menjadi salah satu modal yang dapat digunakan di lingkungan perusahaan maupun industry. Beberapa modal yang dibutuhkan antara lain Mathematics & Statistics, Programming & Database, Communication, dan Business Knowledge,” jelasnya.

Kegiatan stadium generale kemudian ditutup dengan mengadakan tanya jawab dan diskusi antar peserta dan pembicara. (Adit/JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *