Jurusan Sains Gelar Webinar dan Sharing Session: Bahas Era 5.0 hingga Kiat Sukses Studi di Luar Negeri

Jurusan Sains Gelar Webinar dan Sharing Session: Bahas Era 5.0 hingga Kiat Sukses Studi di Luar Negeri

Berita – Jurusan Sains ITERA menggelar webinar dan sharing session yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-7 Jurusan Sains, dilaksanakan secara daring pada Sabtu (21/5/2022). Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta melalui aplikasi meeting Zoom.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, dimana webinar membahas terkait perkembangan industri 5.0 dengan tema “Excellence Science dalam Mendukung Perkembangan Teknologi di Era 5.0” dilanjutkan dengan sharing session membahas terkait tips dan trik sukses studi lanjut di luar negeri dengan tema “Sharing Session: Kiat Sukses Studi Lanjut di Asia, Eropa, Amerika atau Dalam Negeri”.

Adapun untuk kegiatan webinar sesi pertama diisi oleh Endro Yuniaryo, S.Si, M.T.I. yang merupakan Senior Commercial Analytics Manager dari Blibli.com dan dimoderatori oleh Chairunnisa, Ph.D. (dosen Prodi Kimia ITERA). Pada materi yang dipaparkan Endro menjelaskan terkait seluk beluk perkembangan teknologi di era 5.0, mulai dari konsep society 5.0, karakteristik hingga bagaimana kiat masyarakat agar dapat survive di era 5.0.

“Sederhananya, konsep society 5.0 ini yaitu dimana kita kembali lagi harus memanusiakan manusia, artinya di sini manusia harus kembali terlibat dalam teknologi itu. Contohnya dengan adanya metaverse yang saat ini sedang dibangun oleh perusahaan-perusahaan raksasa dunia. Metaverse memungkinkan kita sebagai manusia ikut terlibat untuk dapat berinteraksi di dalamnya,” jelas Endro.

Di akhir penjabaran materi, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta.

Dilanjutkan dengan sesi kedua, webinar beralih ke sharing session. Di sesi kedua ini menghadirkan 4 narasumber sekaligus di antaranya sebagai berikut:

  1. Dr. I Putu Mahendra, S.Si. >
    • Alumni S3 Kimia Universitas Sumatera Utara, Indonesia
    • PMDSU-Dikti Scholarship
  2. Adib Mustofa, S.Pi, M.A.S(ME)
    • University of Southern California, USA
    • Fulbright Scholarship
  3. Ika Agus Rini, S.Si., M.Si.
    • University of Sungkyunkwan, South Korea
    • Research Scholarship
  4. Apt. Sudewi Mukaromah Khoirunnisa. S.Farm. M.Sc.
    • University of Groningen, Netherlands
    • LPDP Scholarship

Keempat narasumber membagikan informasi dan kiat-kiat sukses dalam menjalankan studi lanjut di luar negeri. Mulai dari hunting dan pendaftaran beasiswa, kehidupan kampus, budaya negara tempat studi, tantangan saat studi lanjut hingga tips dan trik membangun personal branding melalui CV agar lolos beasiswa. (Adit/JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.